Mengisi Liburan dengan Dauroh Al-quran di Sekolah Tercinta

Assalamu’alaikum sobat Q n A.. Semoga kita senantiasa dalam keadaan sehat dan bahagia. Aamiin

Sobat masih ingat tidak kegiatan rutin sekolah setelah pembagian rapor semester ganjil?

Ya, kegiatan rutin yang biasa dilaksanakan di sekolah setelah pembagian rapor semester ganjil yaitu Dauroh Al-quran. Pada Tahun Pelajaran 2022/2023 kemarin Dauroh Al-quran dilaksanakan pada waktu yang berbeda, yaitu pada bulan Ramadan 1444 atau pada bulan April 2023.

Pada Tahun Pelajaran 2023/2024 ini, tim Al-Islam bersama panitia Dauroh Al-quran yang sudah ditunjuk mengembalikan waktu pelaksanaan kegiatan yaitu setelah pembagian rapor semester ganjil, tepatnya pada hari Selasa sampai Kamis, tanggal 26 sampai 28 Desember 2023.

Dauroh Al-Quran adalah bentuk kegiatan untuk memperdalam kemampuan bacaan (Tahsin) yang diikuti oleh peserta didik kelas 1-3 dan hafalan (Tahfizh) yang diikuti oleh peserta didik kelas 3-6.

Dari kegiatan Dauroh Al-Quran ini diharapkan adanya peningkatan kualitas bacaan (Tahsin) dan ketuntasan hafalan (Tahfizh) sesuai dengan yang dicantumkan dalam visi dan misi serta target lulusan SD Muhammadiyah 3 Cileungsi.

Sebanyak 138 siswa yang terdiri dari kelas 1, 2, 3 menjadi peserta Dauroh Tahsin Al-quran angkatan ke-3. Kemudian sebanyak 64 siswa yang terdiri dari kelas 3, 4, 5, dan 6 menjadi peserta Dauroh Tahfizh Al-quran angkatan ke-6.

Rangkaian kegiatan yang disusun selama 3 hari 2 malam ini menuntut para peserta untuk mampu memanfaatkan waktu untuk meningkatkan kualitas bacaan (tahsin) maupun kualitas hafalan (tahfizh). Yang berbeda dari dauroh tahsin dengan dauroh tahfizh adalah sistem belajarnya. Dauroh tahsin dilaksanakan sejak pukul 07.30 sampai sebelum sholat dzuhur, kemudian peserta pulang setelah sholat dzuhur berjamaah. Sedangkan dauroh tahfizh mewajibkan peserta menginap di sekolah selama 3 hari 2 malam.

Para peserta dauroh tahfizh tidak hanya menambah dan memperbaiki hafalan, tetapi dibentuk untuk lebih mandiri, berani, percaya diri, dan disiplin. Dan pada hari ketiga yaitu hari Kamis 28 Desember 2023, peserta dauroh tahfizh mengikuti ujian Munaqosah angkatan ke-8. Ujian Munaqosah bagi peserta dauroh tahfizh quran ini merupakan rangkaian yang tidak terpisah dalam kegiatan Dauroh Al-quran. Pada peserta diuji satu persatu oleh para penguji yang dihadirkan dari luar SD Muhammadiyah 3 Cileungsi.

Hasil ujian Munaqosah tahfizh quran akan menjadi acuan sekolah terutama bidang Keislaman dalam mengeluarkan sertifikat tahfizh quran dan melaksanakan wisuda tahfizh quran.

Semoga dengan adanya kegiatan Dauroh Al-quran sebagai salah satu program unggulan SD Muhammadiyah 3 Cileungsi mampu menjadi ikhtiar bersama dalam menyiapkan generasi Islam masa depan yang mampu membaca, menghafal, dan mengamalkan Al-quran dengan baik. Aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *